7 Hal Tentang Google AdWords

Google Ads atau Google Adwords adalah platform periklanan terbesar milik Google. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai sasaran beriklan, orang biasa menyebutnya sebagai Search Engine Marketing. Bagi seorang pebisnis beriklan tentu merupakan salah satu hal yang penting untuk mengenalkan produk/jasa yang mereka miliki. Nah, dengan Google AdWord ini kesempatan untuk beriklan menjadi semakin besar, kenapa? Karena kita semua tahu bahwa Google merupakan search engine (mesin pencari) terbesaar saat ini. Itulah mengapa Google menjadi ladang yang subur untuk memasang iklan bagi para advertiser/pengiklan.

Mari kita lihat hal apa saja yang menarik tentang beriklan di Google AdWord :

1. Prediksi budget mudah Biaya Google AdWords dihitung berdasarkan banyaknya jumlah klik yang dilakukan pengguna Google terhadap iklan tersebut. Selain itu, Google juga menyediakan berbagai statistik yang memudahkan pemasang iklan untuk memprediksi budget yang dibutuhkan

2. Jangkauan iklan luas Google AdWords membantu para pengusaha kelas menengah kebawah dan menengah keatas yang ingin mengembangkan usaha bisnisnya ke pangsa pasar yang lebih luas atau internasional. Di luar negeri sudah banyak perusahaan yang menggunakan dan mengiklankan produk mereka melalui Google AdWords. Karena mayoritas penggunaan internet masyarakat disana cukup tinggi, sehingga media digital marketing sangat efektif.

3. Pilihan jenis dan ukuran iklan bervariasi Google AdWords memberikan pilihan untuk advertiser dalam membuat iklan, terdapat jenis iklan yang bisa digunakan yaitu teks dan gambar. Iklan teks Google biasanya juga tidak terlalu panjang, hanya terdiri dari satu baris dan dua baris. Sedangkan iklan gambar bisa menggunakan gambar statis maupun animasi bergerak (gif/flash) dengan bebagai ukuran.

4. Iklan relevan dan tepat sasaran Pembuat iklan dapat menentukan sendiri kata kunci yang tepat sesuai yang diinginkan. Google AdWords secara otomatis akan menentukan subjek dari halaman dan menampilkan iklan yang relevan berdasarkan iklan yang sesuai kata kunci yang telah dibuat.

5. Menentukan penawaran iklan sendiri Tawaran (bidding) bisa mulai dari ratusan perak sampai puluhan ribu tergantung dari kata kunci yang dipilih dan harus sesuai dengan produk yang diiklankan. Faktor lainnya adalah CTR, atau tingkat dimana orang yang mengklik situs website pengiklan. Biasanya, lima besar urutan situs yang ditampilkan pada layar Adwords di halaman pertama pencarian adalah yang situs pengiklan yang paling populer yang memiliki Quality Score tinggi.

6. Terhubung dengan seluruh jaringan mitra Google Ketika memasang iklan di Google AdWords secara otomatis kita bisa memilih untuk menampilkan iklan diseluruh jaringan mitra Google, salah satunya adalah Youtube.

7. Mudah dan cepat ditayangkan Hampir semua pengiklan di Google AdWords dapat membuat iklan terkait produknya dan memasangnya dengan mudah dan cepat. Dengan kemudahan dan kecepatan yang dimiliki Google AdWord, diharapkan iklan dapat segera dilihat oleh calon konsumen potensial.

Kembali